Peran Pengawas Sekolah Terhadap Peningkatan Kompotensi Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Watampone
Main Author: | HASRIATI, HASRIATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/4360/1/HASRIATI.pdf http://eprints.unm.ac.id/4360/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Supervisi akademik pengawas terhadap peningkatan kompetensi guru sosiologi SMA Negeri 1 Watampone. 2) Supervisi manajerial pengawas terhadap peningkatan kompetensi guru sosiologi SMA Negeri 1 Watampone. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan wawancara. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Selanjutnya, teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Supervisi akademik pengawas belum efektif karena masih banyak indikator yang belum dijalankan oleh pengawas seperti membina, memantau, dan membimbing guru, sedangkan yang sudah dijalankan hanya menilai kinerja guru. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dibidang akademik belum efektif. 2) Supervisi manajerial pengawas belum efektif karena masih banyak indikator yang belum dijalankam oleh pengawas seperti membina, memantau, dan membimbing kepala sekolah, sedangkan yang sudah dijalankan hanya menilai kinerja kepala sekolah. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dibidang manajerial belum efektif.