Pengaruh Metakognisi dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika melalui Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Di Kota Kabupaten Bulukumba

Main Author: Arriah, Fathrul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4322/1/FATHRUL%20ARRIAH.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4322/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Salah satu tujuan mata pelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa mampu memecahkan masalah matematika sehingga prestasi belajar siswa dapat meninggkat terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa, diantaranya adalah metakognisi, efikasi diri dan kreativitas belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metakognisi dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika melalui kreativitas belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba sebanyak 180 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Data yang diperoleh melalui kuesioner, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis SEM (structural equation modeling) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metakognis, efikasi diri, kreativitas belajar, dan prestasi belajar matematika berada pada kategori tinggi (2)Pengaruh metakognisi khususnya regulasi metakognisi terhadap kreativitas belajar adalah positif dan signifikan; (3) Pengaruh efikasi diri terhadap kreativitas belajar adalah positif dan signifikan; (4) Pengruh metakognisi khususnya pengetahuan metakognisi terhadap prestasi belajar matematika secara langsung adalah negatif tapi tidak signifikan; (5) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika secara langsung adalah negatif dan tidak signifikan; (6) Pengaruh tidak langsung metakognisi khususnya regulasi metakognisi dalam prestasi belajar matematika melalui kreativitas belajar adalah positif dan signifikan; (7) Pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika melalui kreativitas belajar adalah positif tapi signifikan.