Keefektifan Model Imajinasi (Imagine) dalam pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros

Main Author: Muslimah, Muslimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4255/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4255/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4255/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4255/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4255/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4255/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model imajinasi (imagine) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi tanpa menggunakan model imajinasi (pembelajaran langsung) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros, (3) membuktikan keefektifan model imajinasi (imagine) dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen (posttest only control group design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. Sampel penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan menulis puisi siswa pada kelas kontrol. Setelah dianalisis menggunakan rumus uji-t, nilai thitung = 3,673 dengan df 54, ttabel = 2,005. Jadi thitung > ttabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model imajinasi (imagine) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. Kata kunci : Model Imajinasi (imagine), Menulis Puisi