Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Majene
Main Author: | Ramadhani, Dita Mulyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/4157/1/3.%20BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/4157/2/7.%20BAB%20V.docx http://eprints.unm.ac.id/4157/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca dalam menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Majene; 2) mengetahui kesalahan penggunaan tanda baca yang paling dominan terdapat pada karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Majene. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 30 siswa. Penarikan sampel dilakukan secara purposive dengan pertimbangan subjek yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang lebih dibandingkan yang lainnya. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima belas tanda baca yang termuat dalam EYD, ada sepuluh kesalahan penggunaan tanda baca yang ditemukan. Kesalahan penggunaan tanda titik dalam menulis karangan narasi siswa sampel adalah dari 466 penggunaan tanda titik, ditemukan 66 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 14%, sehingga dikategorikan kurang. Kesalahan penggunaan tanda koma adalah dari 296 penggunaan tanda koma, ditemukan 125 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 42%, sehingga dikategorikan kurang. Kesalahan penggunaan tanda titik dua adalah dari 2 penggunaan tanda titik dua, ditemukan 2 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 100%, sehingga dikategorikan sangat tinggi. Kesalahan penggunaan tanda hubung adalah dari 96 penggunaan tanda hubung, ditemukan 2 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 2%, sehingga dikategorikan sangat kurang. Kesalahan penggunaan tanda pisah adalah dari 2 penggunaan tanda pisah, ditemukan 2 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 100%, sehingga dikategorikan sangat tinggi. Kesalahan penggunaan tanda tanya adalah dari 8 penggunaan tanda tanya, ditemukan 2 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 25%, sehingga dikategorikan kurang. Kesalahan penggunaan tanda seru adalah dari 2 penggunaan tanda seru, ditemukan 2 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 100%, sehingga dikategorikan sangat tinggi. Kesalahan penggunaan tanda ellipsis adalah dari 5 penggunaan tanda ellipsis, ditemukan 3 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 60%, sehingga dikategorikan cukup tinggi. Kesalahan penggunaan tanda baca petik adalah dari 10 penggunaan tanda petik, ditemukan 2 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 20%, sehingga dikategorikan kurang. Kesalahan penggunaan tanda baca kurung adalah dari 3 penggunaan tanda kurun, ditemukan 1 kesalahan penggunaannya. Persentase kesalahan adalah 33%, sehingga dikategorikan kurang. Dari data tersebut ditemukan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca yang paling dominan adalah tanda koma sebanyak 125 kesalahan. Kata kunci: Analisis, Menulis, Tanda Baca