Pengembangan Paket Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Terapan Daerah Setempat Kelas X Untuk SMK Negeri 5 Palu (dibimbing oleh Sofyan Salam dan Sukarman)

Main Author: NURPADILA, NURPADILA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/401/1/NURPADILA.%202015..docx
http://eprints.unm.ac.id/401/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NURPADILA, Pengembangan Paket Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Terapan Daerah Setempat Kelas X Untuk SMK Negeri 5 Palu (dibimbing oleh Sofyan Salam dan Sukarman). Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan, yakni: (i) untuk mengembangkan paket pembelajaran apresiasi seni rupa terapan daerah setempat, (ii) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan paket pembelajaran apresiasi seni rupa terapan daerah setempat, dan (iii) untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari paket pembelajaran yang dikembangkan. Komponen paket yang dikembangkan adalah: buku panduan guru, buku panduan siswa, buku ajar, media presentasi,dan tes apresiasi. Prosedur pengembangan yang dilakukan menggunakan model Rita Richey. Prosedur ini meliputi 2 tahapan yakni: (i) tahap perencanaan dan pengembangan, meliputi rumusan kebutuhan peserta didik, rumusan tujuan pembelajaran, prosedur dan alat penilaian, dan rancangan paket, validasi. (ii) tahap pelaksanaan uji coba dan revisi, meliputi uji coba perorangan melibatkan 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil melibatkan 6 orang siswa, dan uji coba kelompok besar melibatkan 20 orang siswa yang kemudian direvisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paket pembelajaran materi apresiasi seni rupa terapan daerah setempat telah memenuhi kriteria, yakni (i) valid yang ditinjau dari hasil penilaian oleh 2 orang ahli, yakni ahli materi dan ahli media, (ii) praktis ditinjau dari hasil penilaian guru dan siswa terhadap paket pembelajaran apresiasi, dan (iii) efektif ditinjau dari hasil perolehan nilai tes hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 5 Palu dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian bahwa paket pembelajaran apresiasi seni rupa terapan daerah setempat dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar dan sudah layak digunakan dalam pembelajaran apresiasi sen