Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer pada Topik Pengertian Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa
Main Author: | Tawil, Muhammad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
uNIVERSITAS Negeri Semarang
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/3972/1/Simulasi%20Komp_Gelombang.pdf http://eprints.unm.ac.id/3972/2/sertifikat_gelombang.pdf http://eprints.unm.ac.id/3972/3/Validasi%20Gelombang.docx http://eprints.unm.ac.id/3972/ |
Daftar Isi:
- Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dan untuk mengetahui respon mahasiswa dan respon dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan disain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dengan kategori rendah, respon mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer pada topik gelombang positif serta mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : simulasi komputer, keterampilan berpikir kreatif, topik gelombang, respon mahasiswa, respon dosen