Kemampuan Menulis Puisi Baru dalam Bahasa Makassar dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar

Main Author: Sary, Resky Amelia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3826/1/Lampiran%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/3826/2/Lampiran%205.docx
http://eprints.unm.ac.id/3826/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi baru dalam bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Penelitianiniadalahpenelitian yang bersifatdeskriptifkuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 367 orang dengan penyebaran sebelas kelas. Dalampenelitianini, penelitimenggunakanteknikcluster random sampling. Penarikansampeldilakukandenganmengundinamakelas yang terdiridari sebelas kelas sehinggadidapatkansatusampel,yaitusiswakelas VIII-Isebanyak 33 orang darijumlahpopulasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan tes sebagai instrumen penelitian. Data yang telah diteliti kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi baru dalam bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar dikatergorikan belum mampu karena Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang memperoleh nilai 76 ke atas tidak mencapai 80%. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari 33 siswa yang dijadikan sampel, tidak ada siswa (0%) yang memperoleh nilai 76 ke atas, sebaliknya 33 siswa (100%) memperoleh nilai di bawah 76. Nilai tertinggi diperoleh siswa adalah 67 yang dicapai oleh 1 orang (3%) dan nilai terendah adalah 8 yang dicapai oleh 1 orang (3%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar tidak mampu menulis puisi baru dalam bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual. Saran dalam penelitian mengenaimenulispuisibarudalambahasa Makassarterusdilakukansehinggakemampuansiswadalammenulispuisilebihmeningkatsehinggamemunculkan proses kreatifsiswadalammenuliskaryasastrautamanayamenulispuisi yang harusdilakukansejakdini, utamanyadalampembelajaranmenulispuisi di sekolah. Kata Kunci: Kemampuan menulis puisi baru, bahasa Makassar, dan media audiovisual.