Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender

Main Author: Asrida, Asrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3784/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/3784/2/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/3784/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan gender pada siswa kelas VIII SMPN 18 Makassar. Selain peneliti sebagai instrumen utama, data juga diproleh dengan menggunakan tes kemampuan matematika, tes kemampuan pemecahan masalah, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.2 yang terdiri dari 2 orang siswa laki-laki pada kelompok kemampuan matematika tinggi dan rendah, 2 orang siswa perempuan pada kelompok kemampuan matematika tinggi dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tes hasil pemecahan masalah dan wawancara. Umumnya pemecahan masalah siswa dilakukan pada 4 tahap yaitu tahap memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan pemecahan dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan pada tingkat kemampuan matematika tinggi memiliki langkah pemecahan yang sama pada 3 tahap yakni memahami masalah, melaksanakan rencana pemecahan dan memeriksa kembali hasil pemecahan sedangkan pada tahap menyusun rencana pemecahan terdapat perbedaan langkah yang dilakukan. Siswa laki-laki dan perempuan pada kelompok kemampuan matematika rendah memiliki langkah pemecahan masalah yang berbeda pada masing-masing keempat tahap yang dilakukan. Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Matematika, dan Gender