Keefektifan Media Kartu Huruf dalam Menulis Aksara Lontara’ Makassar pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Pallangga Kabupaten Gowa

Main Author: Hamriani, Hamriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3481/1/haha.docx
http://eprints.unm.ac.id/3481/2/4.%20BAB%20V%20penutup.doc
http://eprints.unm.ac.id/3481/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis aksara lontara’ Makassar sebelum menggunakan media kartu huruf , (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis aksara lontara’ Makassar setelah menggunakan media kartu huruf, (3) kekeefektifan menulis Aksara Lontara’ Makassar melalui media kartu huruf, dan (4) faktor yang mempengaruhi keefektifan menulis Aksara Lontara’ Makassar melalui media kartu huruf pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Ada tiga langkah yang harus ditempuh, yaitu: (1) tes awal (pre-test) atau (pengukuran sebelum perlakuan), (2) tindakan pelaksanaan (treatment), dan (3) pengukuran sesudah berlangsung (pos- test). Objek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga, sedangkan siswa yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VII 18 yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) pengamatan partisipatif, (2) tes, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, meliputi: deskripsi data, uji kesamaan rata-rata, dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf lebih efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis post-test yang telah dilakukan bahwa lebih tinggi tingkat ketercapaian dengan menggunakan media kartu huruf aksara lontara’ Makassar dari nilai pre-test. Selain itu, pada proses pembelajaran siswa lebih aktif dengan menggunakan media kartu huruf dibandingkan dengan tanpa menggunakan media tersebut. Sedangkan faktor lain yang mempengaruhi keefektifan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: motivasi, kualifikasi pendidikan tenaga pendidik, dan lingkungan. Kata Kunci: Keefektifan, Menulis, Aksara Lontara’ Makassar, Media, Kartu Huruf.