Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pendekatan Konstruktivis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone
Main Author: | DARMAWATI, DARMAWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/3423/1/BAB%20I%20PTK.docx http://eprints.unm.ac.id/3423/2/BAB%20V%20KESILMPULAN%20DAN%20SARAN.docx http://eprints.unm.ac.id/3423/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan dan menjelaskan efektifitas penggunaan LKPD dengan pendekatan konstruktivis dalam meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap. Unit analisis penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Unit analisis penelitian terdiri dari 37 peserta didik, 19 perempuan dan 18 laki-laki. Sumber data diperoleh dari hasil tes, observasi, dan respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (i) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi peserta didik dari rata-rata 66,98 meningkat 71,25, kategori sangat tinggi 6 menjadi 10 peserta didik ; (ii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas belajar ekonomi peserta didik dari aktif menjadi sangat aktif; (iii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik, rata-rata Pratindakan 40,65 kategori “kurang” Siklus I 74,16 kategori “cukup” dan Siklus II 81,51 kategori “baik”. (iv) respon positif peserta didik terhadap penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis rata-rata 95,71% dan 4,29% respon negatif dari 10 aspek yang ditanyakan.