HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN DI SMA KABUPATEN ENREKANG

Main Author: Muhtar, Muhtar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3406/1/Artikel.docx
http://eprints.unm.ac.id/3406/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dimaksudkan untuk mengetahui hubungan supervisi akademik pengawas sekolah dengan kemampuan guru dalam penilaian pada SMA di kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA di Kabupaten Enrekang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Area Proportional Simple Random Sampling. Banyaknya anggota sampel 119 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) supervisi akademik pengawas sekolah di Kabupaten Enrekang berada pada kategori tinggi, 2) kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang berada pada kategoti sedang, 3) ada hubungan signifikan antara supervisi akademik pengawas sekolah dengan kemampuan guru dalam penilaian di Kabupaten Enrekang. Kata Kunci: Supervisi akademik, dengan kemampuan guru.