Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Banggae Kabupaten Majene

Main Author: ASLIAH, ASLIAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3386/1/Artikel%20Asliah.docx
http://eprints.unm.ac.id/3386/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pada hakikatnya supervisi pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah harus berhasil membawa proses pembelajaran di madrasah kearah yang lebih baik. Pelaksanaan supervisi kepala madrasah jarang menggunakan prosedur atau kaidah dalam melakukan penilaian kepada guru yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dan tidak menguasai elemen-elemen penting dalam supervisi pembelajaran yaitu: teknik/pendekatan supervisi pembelajaran, prinsip-prinsip supervisi pembelajaran dan tipe-tipe supervisi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilihat dari segi teknik/pendekatan yang digunakan oleh kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. (2) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilihat dari segi tipe-tipe supervisi yang digunakan Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Banggae Kabupaten Majene dan (3) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilihat dari segi prinsip-prinsip supervisi oleh Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu memberikan gambaran tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Banggae Kabupaten Majene (1) menggunakan teknik/pendekatan secara individual, observasi kelas dan kelompok serta menggunakan pendekatan kolaboratif dalam melaksanakan supervisi pembelajaran di madrasah (2) menggunakan tipe kreatif dalam melaksanakan supervisi pembelajaran di madrasah, dan (3) menggunakan prinsip demokratis dalam melaksanakan supervisi pembelajaran di madrasah Kata Kunci : Pelaksanaan supervisi pembelajaran