PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SAIN SISWA KELAS V SD INPRES PACCINONGAN KABUPATEN GOWA

Main Author: Syarifah, St
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3340/1/Jurnal%20Ilmiah.docx
http://eprints.unm.ac.id/3340/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah memperoleh, menganalisis, dan mendeskripsikan data mengenai (1) gambaran hasil belajar sain yang diajar menggunakan pendekatan konvensional siswa kelas V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa (2) gambaran hasil belajar sain yang diajar menggunakan pendekatan saintifik siswa kelas V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa (3) pengaruh signifikans penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar sain siswa kelas V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan teknik eksperimen semu. Adapun populasi penelitian adalah seluruh V SD Inpres Paccinonga Kabupaten Gowa tahun pelajaran 2015/2016. Populasi tersebut berjumlah 60 orang yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas IV A dan kelas IV B dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar sain siswa kelas V SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa menggunakan pendekatan adalah 66,33 dan teknik konvensional adalah 57,10 dalam rentangan nilai 10-100. Selain itu, data pada hasil analisis keefektifan dalam uji t, menunjukkan nilai empiris (tt):7,16 sedangkan nilai teoretis (ta): 1,67 pada taraf sigrifikansi 95%, sehingga dinyatakan bahwa nilai t empiris lebih besar daripada nilai t teoretis (tabel) (7,16>1,67) yang berarti pendekatan saintifik adalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar sain siswa kelas V SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa Kata Kunci: Pendekatan saintifik dan hasil belajar sains