Pengaruh Media Pembelajaran, Lingkungan Sekolah, dan Kompetensi Pedagogik terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 245 Batutompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba

Main Author: ARMAN, ARMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3195/1/Artikel.docx
http://eprints.unm.ac.id/3195/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) pengaruh media pembelajaran secara parsial terhadap motivasi belajar siswa di SDN 245 Batutompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba (ii) pengaruh lingkungan sekolah secara parsia lterhadap motivasi belajar siswa di SDN 245 Batutompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba (iii) pengaruh kompetensi pedagogic secara parsial terhadap motivasi belajar siswa di SDN 245 Batutompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba (iv) pengaruh media pembelajaran, lingkungan sekolah, dan kompetensi pedagogic secara simultan terhadap motivasi belajar siswa di SDN 245 Batutompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mengkaji hubungan antara media pembelajaran, lingkungan sekolah dan kompetensi pedagogic terhadap motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dengan pendekatan statistic inferensial yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan media pembelajaran, lingkungan sekolah, dan kompetensi pedagogic berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SDN 245 Batutompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Sedangkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa media pembelajaran, lingkungan sekolah dan kompetensi pedagogic masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SDN 245 Batutompo Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba.