PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE AMATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X.1 SMAN 1 DUA BOCCOE KABUPATEN BONE

Main Author: Fitriani, Fitriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3164/1/%2816%29%20JURNAL%20FITRIANI.docx
http://eprints.unm.ac.id/3164/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X.1 SMAN 1 Dua Boccoe Kabupaten Bone.Penelitianinimerupakanpenelitian tindakankelas(PTK)yang dilaksanakansebanyak empat kali pertemuan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subjekpenelitianadalah siswa kelasX.1SMA Negeri1 Dua Boccoepada semester genaptahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa.Pengumpulan data motivasi siswa dilakukan dengan menggunakan angket motivasi, data aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas dan data hasil belajar diperoleh menggunakan tes hasil belajar siklus I dan Siklus II dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 76,3menjadi77,7padaakhirsiklusII dengan persentase 76% kategori tinggi dan 24% pada kategori sangat tinggi. (2)Adapeningkatanaktivitas belajarsiswa, nilai rata-ratapersentaseaktivitassiswapadasiklusI sebesar 86% menjadi95%padasiklusII.(3)TerjadiPeningkatanhasil belajar pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 53% danpada siklusII meningkat menjadi 88%.pencapaian nilai KKM. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X.1 SMAN 1 Dua Boccoe Kabupaten Bone. Kata Kunci:Make a Match, Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar