PENGARUH PELAKSANAAN BERMAIN LIFE SKILL TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK KUNTUM HARAPAN KOTA SORONG

Main Author: PRASETYAWATI, DENIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/3143/1/ARTIKEL.docx
http://eprints.unm.ac.id/3143/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bermain life skill terhadap kemandirian anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni metode eksperimen, seluruh anggota populasi merupakan anggota sampel yang berjumlah 10 anak pada usia kelompok A di TK Kuntum Harapan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi , sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara bermain life skill dengan kemandirian anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kemandirian anak meningkat karena anak yang mendapat nilai antara 9 - 12 setelah bermain life skill sebanyak 70% dalam kategori tinggi dan hasil uji-t menunjukkan 〖t 〗_hit lebih besar dari t-table sebesar 11,96 > 1.833 untuk ketiga permainan. Artinya ada peningkatan yang signifikan. Kata kunci : life skill, kemandirian anak usia dini.