Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Main Author: NURRAHMAYANI, NURRAHMAYANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2968/1/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/2968/
ctrlnum 2968
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2968/</relation><title>Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bontoramba Kabupaten Jeneponto</title><creator>NURRAHMAYANI, NURRAHMAYANI</creator><subject>PASCASARJANA</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankeefektifan penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA NegeriIBontoramba Kabupaten Jeneponto.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu.Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri1Bontoramba Kabupaten Jeneponto tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 131 orang. Jumlah tersebut terbagi atas empat kelas. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposivesampling terpilih kelas X.1 sebanyak 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. &#xD; Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Bentuk tes uraian yang dimaksud dalam instrumen penelitian ini adalah tugas menulis paragraf argumentasi melalui penggunaan media karikatur pada kelas eksperimen dan media lingkungan pada kelas kontrol yang diberikan kepada siswa. Tes ini digunakan untuk mengumpulkan data berupa nilai keterampilan menulis paragraf argumentasi yang diperoleh siswa, baik nilai tes awal maupun nilai tes akhir.&#xD; Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensialuji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pembelajran menulis paragraf argumentasi yang menggunakan media karikatur dengan pembelajaran menulis paragraf argumentasi yang menggunakan media lingkungan dan kemampuan menulis paragraf argumentasi antara kelompok yang diberikan penggunaan media gambar karikatur efektif digunakan sebagai media pembelajaran menulis paragraf argumentasi di kelas XSMA Negeri 1 Bontoramba Jeneponto. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar karikatur efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi.&#xD; Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru bahasa Indonesia, khususnya guru kelas X SMANegeriIBontoramba Kabupaten Jeneponto agar memperhatikan penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Dengan demikian, penilaian paragraf siswa itu tidak hanya berfokus pada hasil melainkan berfokus juga pada proses.&#xD; Kata kunci: menulis, paragraf, argumentasi, dan mediakarikatur.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2968/1/BAB%20V.docx</identifier><identifier> NURRAHMAYANI, NURRAHMAYANI (2016) Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bontoramba Kabupaten Jeneponto. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>2968</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURRAHMAYANI, NURRAHMAYANI
title Keefektifan Penggunaan Media Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bontoramba Kabupaten Jeneponto
publishDate 2016
topic PASCASARJANA
url http://eprints.unm.ac.id/2968/1/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/2968/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankeefektifan penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA NegeriIBontoramba Kabupaten Jeneponto.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu.Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri1Bontoramba Kabupaten Jeneponto tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 131 orang. Jumlah tersebut terbagi atas empat kelas. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposivesampling terpilih kelas X.1 sebanyak 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 berjumlah 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Bentuk tes uraian yang dimaksud dalam instrumen penelitian ini adalah tugas menulis paragraf argumentasi melalui penggunaan media karikatur pada kelas eksperimen dan media lingkungan pada kelas kontrol yang diberikan kepada siswa. Tes ini digunakan untuk mengumpulkan data berupa nilai keterampilan menulis paragraf argumentasi yang diperoleh siswa, baik nilai tes awal maupun nilai tes akhir. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensialuji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pembelajran menulis paragraf argumentasi yang menggunakan media karikatur dengan pembelajaran menulis paragraf argumentasi yang menggunakan media lingkungan dan kemampuan menulis paragraf argumentasi antara kelompok yang diberikan penggunaan media gambar karikatur efektif digunakan sebagai media pembelajaran menulis paragraf argumentasi di kelas XSMA Negeri 1 Bontoramba Jeneponto. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar karikatur efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru bahasa Indonesia, khususnya guru kelas X SMANegeriIBontoramba Kabupaten Jeneponto agar memperhatikan penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Dengan demikian, penilaian paragraf siswa itu tidak hanya berfokus pada hasil melainkan berfokus juga pada proses. Kata kunci: menulis, paragraf, argumentasi, dan mediakarikatur.
id IOS3399.2968
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-10-20T00:00:42Z
last_indexed 2017-10-20T00:00:42Z
recordtype dc
_version_ 1764483737818497024
score 17.538404