PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS SOAL TERBUKA DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Main Author: Arsid, Irfan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2949/1/ARTIKeL.docx
http://eprints.unm.ac.id/2949/
ctrlnum 2949
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/2949/</relation><title>PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS SOAL TERBUKA DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR</title><creator>Arsid, Irfan</creator><subject>MATEMATIKA</subject><description>PPs Universitas Negeri Makassar&#xD; &#xD; ABSTRAK&#xD; Desain pembelajaran pada penelitian ini disusun mengikuti alur pengembangan yang dilakukan Jeroard E. Kemp. Prosedur desain pengembangan yang dilakukan oleh peneliti dilakukan secara bersiklus seperti yang digambarkan oleh Ploomp yang meliputi 4 tahap yaitu: (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation Phase), mencakup kajian teori pendukung, analisis masalah pembelajaran, analisis kurikulum, analisis karakteristik mahasiswa, dan analisis konsep,(2) FasePerancangan (Design Phase) pada fase ini dirancang perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang dibutuhkan,(3) Fase Realisasi/Konstruksi (Realization/Construction Phase), pada fase ini, dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian berdasarkan rancangan yang telah disusun di fase desain., dan (4) Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi (Test, Evaluation and Revision Phase), pada fase ini dilakukan dua kegiatan utama, yaitu: (1) Validasi perangkat pembelajaran dan (2) Uji Coba. Desain pembelajaran mandiri berbasis soal tetrbuka yang telah didesain telah divalidasi oleh dua ahli dan direvisi sehingga layak untuk digunakan atau sudah valid. Hasil dari ujicoba menunjukkan bahwa desain pembelajaran mandiri berbasis soal terbuka bersifat, efektif dan praktis, yaitu (1) persentase kreativitas mahasiswa adalah 63% yang jika dilihat dari criteria ketuntasan sudah ccukup kreatif. Dan 34 orang dari 39 orang sudah diatas nilai 61 sehingga dinyatakan telah tuntas secara klasikal.; (2) berdasarkan penilaian umum yang dilakukan oleh dua orang pengamat yang menyatakan bahwa nilai rata-rata keterlaksanaan aspek pembelajaran berada dalam kategori terlaksana seluruhnya.&#xD; Kata Kunci: Desain Pembelajaran Mandiri, Soal Terbuka, Kalkulus</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/2949/1/ARTIKeL.docx</identifier><identifier> Arsid, Irfan (2016) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS SOAL TERBUKA DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>2949</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Arsid, Irfan
title PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBASIS SOAL TERBUKA DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS PADA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
publishDate 2016
topic MATEMATIKA
url http://eprints.unm.ac.id/2949/1/ARTIKeL.docx
http://eprints.unm.ac.id/2949/
contents PPs Universitas Negeri Makassar ABSTRAK Desain pembelajaran pada penelitian ini disusun mengikuti alur pengembangan yang dilakukan Jeroard E. Kemp. Prosedur desain pengembangan yang dilakukan oleh peneliti dilakukan secara bersiklus seperti yang digambarkan oleh Ploomp yang meliputi 4 tahap yaitu: (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation Phase), mencakup kajian teori pendukung, analisis masalah pembelajaran, analisis kurikulum, analisis karakteristik mahasiswa, dan analisis konsep,(2) FasePerancangan (Design Phase) pada fase ini dirancang perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang dibutuhkan,(3) Fase Realisasi/Konstruksi (Realization/Construction Phase), pada fase ini, dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian berdasarkan rancangan yang telah disusun di fase desain., dan (4) Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi (Test, Evaluation and Revision Phase), pada fase ini dilakukan dua kegiatan utama, yaitu: (1) Validasi perangkat pembelajaran dan (2) Uji Coba. Desain pembelajaran mandiri berbasis soal tetrbuka yang telah didesain telah divalidasi oleh dua ahli dan direvisi sehingga layak untuk digunakan atau sudah valid. Hasil dari ujicoba menunjukkan bahwa desain pembelajaran mandiri berbasis soal terbuka bersifat, efektif dan praktis, yaitu (1) persentase kreativitas mahasiswa adalah 63% yang jika dilihat dari criteria ketuntasan sudah ccukup kreatif. Dan 34 orang dari 39 orang sudah diatas nilai 61 sehingga dinyatakan telah tuntas secara klasikal.; (2) berdasarkan penilaian umum yang dilakukan oleh dua orang pengamat yang menyatakan bahwa nilai rata-rata keterlaksanaan aspek pembelajaran berada dalam kategori terlaksana seluruhnya. Kata Kunci: Desain Pembelajaran Mandiri, Soal Terbuka, Kalkulus
id IOS3399.2949
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2017-10-20T00:00:42Z
last_indexed 2017-10-20T00:00:42Z
recordtype dc
_version_ 1764483737552158720
score 17.538404