PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI Rosmini Maru1, Nasiah2, Murnihati3, Sudirman4

Main Author: Rosmini Maru, Rosmini Maru
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian UNM , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2782/1/07%20Pengaruh%20Gaya%20Kognitif.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2782/2/RATA-RATA%20REVIEWER.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2782/3/REVIEWER%201.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2782/4/REVIEWER%202.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2782/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Gaya kognitif adalah karakteristik kepribadian yang relatif stabil dan diekspresikan secara konsisten pada berbagai situasi. Penelitian ini mencoba melihat pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui 55 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak (random sampling).Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis korelasi Pearson, dan regresi sederhana. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebanyak 9,50% hasil belajar geografi dipengaruhi oleh gaya kognitif dan setiap satu unit perubahan skor gaya kognitif menyebabkan terjadinya perubahan skor hasil belajar geografi sebesar 2,641. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru yang memahami gaya kognitif siswa dapat membantu dalam mengajar siswa tersebut. Namun demikian, hasil kajian ini menunjukkan hasil yang tidak begitu signifikan. Oleh karena itu, perlu kajian lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang lain seperti kecerdasan emosional, sarana dan prasarana, keadaan sekolah, dan lain-lain. Kata Kunci: Gaya Kognitif, Hasil Belajar Geografi.