SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 BULUKUMBA

Main Author: ANDI ADHE MAHATIRTA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27728/1/ANDI%20ADHE%20MAHATIRTA_1743042014_JURNAL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/27728/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang supervisi manajerial pengawas sekolah di SMA Negeri 2 Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembinaan supervisi manajerial pengawas sekolah di SMA Negeri 2 Bulukumba. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pegawai, observasi dan dokumentasi yang berhubungan dengan pembinaan supervisi manajerial di SMA Negeri 2 Bulukumba. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles, Huberman, dan Saldana. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi manajerial pengawas sekolah di SMA Negeri 2 Bulukumba yang dimana berfokus pada pembinaan supervisi manajerial yang meliputi 7 indikator pembinaan yaitu manajemen kurikulum dan pembelajaran, pembinaan manajemen peserta didik, pembinaan manajemen sarana dan prasarana, pembinaan manajemen kepegawaian, pembinaan manajemen keuangan, pembinaan manajemen humas dan pembinaan manajemen layanan khusus.Pada pelaksanaannya pembinaan yang dilakukan pengawas ini berorientasi pada hasil supervisi sebelumnya serta dokumen –dokumen lainnya. Kemudian, dari hasil tersebut maka diperoleh temuan yang memerlukan tindak lanjut pembinaan, bentuk tindak lanjut yang diberikan pengawas dengan memberikan masukan serta arahan melalui forum diskusi atau rapat, untuk menanggulangi dan mengambil langkah preventif agar kejadian yang sama tidak terulang, pengawas dalam melakukan pembinaan selalu berpatokan pada peraturan yang berlaku. Kata Kunci: Supervisi Manajerial, Pengawas Sekolah.