PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 32 MAKASSAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SMP Negeri 32 Makassar,Makassar,Sulawesi Selatan,Indonesia
Main Author: | Sudirman &, RosminiMaru |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS KHAIRUN
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/2768/1/04%20Peningkatan%20Hasil%20Belajar%20IPS%20Terpadu.pdf http://eprints.unm.ac.id/2768/2/RATA-RATA%20REVIEWER.pdf http://eprints.unm.ac.id/2768/3/REVIEWER%201.pdf http://eprints.unm.ac.id/2768/4/REVIEWER%202.pdf http://eprints.unm.ac.id/2768/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS Terpadu materi penyimpangan social dalam kehidupan keluarga dan masyarakat melalui penerapan model PBI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBI dapat meningkatkan perhatian, minat serta motivasi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 32 Makassar dalam belajar IPS terpadu pada materi masalah penyimpangan social dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Hal tersebut berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa, seperti yang tampak dari hasil tes pratindakan, tes siklus pertama hingga tes siklus kedua mengalami peningkatan siswa yang memperoleh nilai diatas nilai standar ketuntasan minimal (SKM) 65. Sehingga penerapan model PBI pada materi penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 32 Makassar khususnya pada materi tersebut. Kata Kunci: Hasil belajar, problem based instruction (PBI), IPS Terpadu.