PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Main Author: NAYA ALFIAH AMRI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27463/1/Jurnal%20Naya%20Alfiah%20Amri.pdf
http://eprints.unm.ac.id/27463/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis tingkat kebutuhan bahan ajar digital, 2) mengetahui desain dan pengembangan bahan ajar digital, 3) mengetahui validitas dan kepraktisan bahan ajar digital. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli isi/materi dan ahli desain, 20 orang mahasiswa, dan seorang dosen pengampu mata kuliah. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli isi/materi, angket ahli desain, angket uji coba kelompok, angket uji coba perorangan, angket tanggapan dosen pengampu mata kuliah, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan. Selanjutnya, hasil validasi dari ahli isi/materi berada pada kualifikasi valid, validasi ahli desain berada pada kualifikasi valid, pada uji coba kelompok mendapatkan hasil sangat praktis, uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat praktis dan tanggapan dosen pengampu mata kuliah berada pada kualifikasi sangat praktis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tingkat analisis kebutuhan produk bahan ajar digital berada pada kualifikasi dibutuhkan serta produk bahan ajar digital ini valid dan praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Digital, Perkembangan Peserta Didik.