PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK WILDANUN Kota Makassar
Main Author: | RESKI PUTRI AMALIA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27446/1/article%20pute.pdf http://eprints.unm.ac.id/27446/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian untuk melihat gambaran kemampuan Kognitif anak usia 5-6 tahun sebelum diberikan perlakuan bermain Playdough, serta untuk melihat gambaran kemampuan Kognitif sesudah diberi perlakuan bermain Playdough , dan untuk melihat apakah ada pengaruh Playdough terhadap kemampuan Kognitif anak. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental design atau eksperimen semu. Penelitian ini bertempat di TK Wildanun Kota Makassar dengan sampel 6 anak di kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes perlakuan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengkajian hipotesis bahwa H1 diterima maka Thitung ≤ Ttabel dan Zhitung ≥ Ztabel artinya ada pengaruh bermain Playdough terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Wildanun Kota Makassar Kata Kunci: Kognitif, Bermain Playdough, Anak Usia Dini