PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI METODE MULTISENSORI PADA SISWA AUTIS KELAS I DI SLB YPAC MAKASSAR
Main Author: | YULIYANTY ACHMAD |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27445/1/Jurnal%20Yuliyanty%20Achmad_1845041037.pdf http://eprints.unm.ac.id/27445/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autisme. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui metode multisensori pada siswa autis kelas I?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I pada kondisi Baseline 1/A1. 2) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I selama diberikan intervensi mealui metode Multisensori (intervensi/B). 3) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I setelah diberikan intervensi (Baseline 2/A2). 4) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 siswa autis kelas I Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi Baseline 1/A1, Intervensi (B), dan Baseline 2/A2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada siswa autis kelas I di SLB YPAC Makassar.. Kata kunci: Lambang Bilangan 1-10, Metode Multisensori, Autis