PKM PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA JURNAL TERAKREDITASI BAGI GURU SMP NEGERI 1 PINRANG

Main Authors: Syahruddin, Syahruddin, Saleh, M. Sahib, Saleh, Muhammad Syahrul
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27421/1/2021%20-%20PKM%20PELATIHAN%20PENULISAN%20JURNAL%20ILMIAH%20TERAKREDITASI%20PADA%20GURU%20SMPN%201%20PINRANG%20-%20SYAHRUDDIN%20dkk.doc
http://eprints.unm.ac.id/27421/
Daftar Isi:
  • Salah satu cara meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan penulisan karya ilmiah, karena mereka akan memberikan publikasi karyanya dari penelitian yang telah dilakukan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar guru mampu berupaya mengembangkan kompetensi profesinya melalui publikasi ilmiah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melalui metode tanya jawab serta penugasan. Pelaksanaan pengabdian dilakukan secara daring media aplikasi zoom meeting. Realisasi penyelesaian masalah yang ada dilaksanakan dengan pelatihan. Pelatihan merupakan solusi yang optimal melalui: penjelasan jenis-jenis publikasi artikel ilmiah, memperkenalkan publikasi artikel ilmiah, menyiapkan draf artikel ilmiah, menganalisis data artikel ilmiah, pengenalan aplikasi turnitin dan mendelay, membuat draf artikel ilmiah. Lembaga yang terkait dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar yang melibatkan dosen sebagai pemateri, dan 2) Guru-guru SMP Negeri 1 Kabupaten Pinrang. Berdasarkan hasil pelatihan penulisan artikel ilmiah yang dilakukan terhadap Mitra (guru SMP Negeri 1 Pinrang) sebagian besar antusias dan meningkat pemahaman terhadap penulisan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi baik nasional maupun international.. Di samping itu, penugasan yang diberikan terhadap peserta (guru- guru) yang mengikuti kegiatan pelatihan sejumlah 35 orang dari 71 orang guru SMP Negeri 1 Pinrang, bahwa 75% peserta mengumpulkan artikel ilmiah dan 20% artikel yang terkumpul, layak untuk disubmit. Kesimpulan kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang kami berikan. Hal ini berarti bahwa peserta ingin meningkatkan kompetensinya dalam hal publikasi artikel pada jurnal yang bereputasi baik nasional maupun international. 2) Hasil penugasan yang diberikan, yang mengikuti kegiatan sejumlah 35 orang dari 71 orang guru pada SMP Negeri 1 Pinrang, 75% peserta mengumpulkan artikel dan 20% memiliki artikel yang sudah layak untuk disubmit.