Ibm Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar

Main Authors: syahruddin, Syahruddin, Saleh, Muhammad Syahrul, Rizal, Andi
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM)
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27415/1/2016%20-%20Ibm%20PENELTIAN%20TINDAKAN%20KELAS%20BAGI%20GURU%20SD%20-%20SYAHRUDDIN%20dkk.doc
http://eprints.unm.ac.id/27415/
Daftar Isi:
  • Guru tidak saja dituntut menguasai materi pengajaran atau mampu menyajikan secara tepat, tetapi juga dituntut mampu melihat kekurangan dan mampu mengatasi atau mengembangkan pengajaran. Karena itu perlu ada upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah-sekolah termasuk para guru di sekolah dasar. Salah satu kompetensi yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan meneliti di dalam kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan barometer untuk mengetahui seberapa jauh guru telah berupaya mengembangkan kompetensi profesinya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam Penelitian Tindakan Kelas, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas, dan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar dengan melibatkan 15 orang Guru. Metode yang digunakan Ceramah, tanya jawab dan praktek melalui pelatihan. Hasil kegiatan Peserta menyadari bahwa materi yang diberikan sangat dibutuhkan sehingga peserta sangat antusias dalam mengikuti materi, peserta mampu mengidentifikasi masalah pembelajaran yang ada dikelas yang diajar, peserta mampu membuat proposal Penelitian Tindakan Kelas, dan peserta pelatihan mampu menguraikan sistematika laporan Penelitian Tindakan Kelas