HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KOTA MAKASSAR
Main Authors: | Khaerati Armas, Andi Ratna, Ramlawati, Ramlawati, Syahrir, Muhammad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Kimia PPs UNM
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27363/1/1_ARTIKEL_Hubungan%20Antara%20Literasi%20Sains-PB.pdf http://eprints.unm.ac.id/27363/2/1_Peer%20Reviewer_Hubungan%20Antara%20Literasi%20Sains%20dgn%20PB.pdf http://eprints.unm.ac.id/27363/3/1_Turnitin_HUBUNGAN%20ANTARA%20LITERASI%20SAINS%20DENGAN%20PB.pdf http://eprints.unm.ac.id/27363/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk menentukan hubungan antara literasi sains dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia kelas XI MIPA SMA Negeri Se-Kota Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian sebanyak 1734 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 391 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen tes literasi sains dan data prestasi belajar peserta didik berupa nilai rapor mata pelajaran kimia semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains memiliki hubungan positif dengan prestasi belajar peserta didik dengan tingkat korelasi sedang. Kata Kunci: literasi sains, prestasi belajar.