MENINGKATKAN KETERAMPILAN TARI PADUPPA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS X DI UPT SMAN 5 BARRU
Main Author: | PURNAMASARI, DEVY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27333/1/JURNAL%20DEVY%20PURNAMASARI%201882342023%20-%20Dicky%20Hermansyah.pdf http://eprints.unm.ac.id/27333/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1 mendeskripsikan proses pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5, 2. mendeskripsikan hasil pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5 Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data. Penelitian ini menerapkan metode drill yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian ini sebagai berikut, a) Proses pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5 Barru. b) Hasil pelaksanaan tari Paduppa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan metode drill pada siswa kelas X di UPT SMAN 5 Barru. Peneliti juga mengadakan wawancara dengan guru dan beberapa peserta didik, dengan temuan bahwa kegiatan ektrakurikuler melalui latihan tari Padupaa dapat meningkatkan keterampilan peserta didik. Kata kunci: Peningkatan, keterampilan, menari, Metode drill.