PENGGUNAAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR V DI UPT SLB NEGERI 1 PALOPO

Main Author: AHMAD DAHLAN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27293/1/SKRIPSI%20AHMAD%20DAHLAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/27293/
Daftar Isi:
  • Ahmad Dahlan, 2023. Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Tunarungu kelas dasar V di UPT SLB Negeri 1 Palopo. Skripsi. Dibimbing Dr. Purwaka Hadi, M.Si dan Dr. Mustafa, M.Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca anak Tunarungu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca kata di UPT SLB Negeri 1 Palopo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar V di UPT SLB Negeri 1 Palopo pada kondisi sebelum diberikan perlakuan atau pada fase baseline 1 (A1)? 2. Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar V di UPT SLB Negeri 1 Palopo pada fase selama diberikan perlakuan atau intervensi (B)? 3. Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar V di UPT SLB Negeri 1 Palopo pada kondisi setelah diberikan perlakuan atau pada fase baseline 2 (A2)? 4. Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan kartu kata bergambar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada murid tunarungu kelas dasar V di UPT SLB Negeri 1 Palopo ? Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen subjek tunggal (single subject research). Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian pada baseline 1 (A1) pada sesi pertama sampai pada sesi ke empat subjek AF memperoleh nilai 30 atau kemampuan membaca permulaan subjek AF tetap, pada bagaian intervensi perolehan nilai subjek AF yang cenderung meningkat dari sesi ke lima sampai pada sesi ke dua belas dengan perolehan nilai sebesar 60 – 90. Maknanya, bahwa pemberian perlakuan yaitu kartu kata bergambar sangat berpengaruh baik terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan subjek sehinga kecenderungan arah menaik dan pada basline 2 (A2) di peroleh nilai 80-90 dari sesi 13-15 sehingga kecenderungan arah menaik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunarungu kelas dasar V di UPT SLB Negeri 1 Palopo. Kata kunci: Kartu Kata Bergambar, membaca permulaan, tunarungu.