MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE SIMULASI DI KELAS III SD INPRES BAROMBONG II KOTA MAKASSAR
Daftar Isi:
- Surianti. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Murid dalam mata pelajaran IPS melalui penggunaan metode simulasi di kelas III SD Inp. Barombong II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Nur Mustakim, M.Pd dan Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar murid dalam mata pelajaran IPS di kelas III SD Inp. Barombong II Kota Makassar. Penelitian dilaksanakan di SD Inp. Barombong II dengan subyek penelitian adalah guru dan murid kelas III yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan pelaksanan yaitu: tahap perencanaan, tahap aksi, tahap observasi, dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi yang diperoleh murid yang mengikuti pembelajaran IPS melalui penggunaan metode simulasi pada siklus I dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar murid melalui penggunaan metode simulasi mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II.