PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANRANNUANGKU 1 TAKALAR

Main Author: NUR AZISA AISYIAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27233/1/ARTIKEL%20NUR%20AZISA%20AISYIAH%20%281849042042%29%20%282%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/27233/
Daftar Isi:
  • Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design . Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Kemampuan bahasa ekspresif anak yang diberi perlakuan metode bercerita menggunakan boneka jari pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, ini membuktikan metode bercerita memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Kata kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Bahasa Ekspresif