PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CORNERSTONE HOMESTYLE EDUCATION
Main Author: | Nur Chafidah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27212/1/1849040002%20NUR%20CHAFIDAH%20ARTIKEL.pdf http://eprints.unm.ac.id/27212/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dirancang untuk mengetahui apakah PjBL dapat mempengaruhi kemampuan literasi pada usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 anak , 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,010 < 0,05 diterima dan ditolak artinya kemampuan literasi pada kelas eksperimen jauh lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: PjBL; kemampuan literasi.