PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CORNERSTONE HOMESTYLE EDUCATION

Main Author: Nur Chafidah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27212/1/1849040002%20NUR%20CHAFIDAH%20ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/27212/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dirancang untuk mengetahui apakah PjBL dapat mempengaruhi kemampuan literasi pada usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 anak , 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,010 < 0,05 diterima dan ditolak artinya kemampuan literasi pada kelas eksperimen jauh lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: PjBL; kemampuan literasi.