DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN IKAN LAUT SEGAR SERTA SHARE NELAYAN TRADISIONAL

Main Author: Abd. Rahim, Rahim
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UNM , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2717/1/Distribusi%20dan%20Margin%20Pemasaran%20Ikan%20Laut%20Segar%20dan%20Share%20Nelayan%20Tradisional%20%28Rahim%2C%202013%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2717/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan di wilayah pesisir pantai Barat Kabupaten Takalar bertujuan untuk mengetahui besarnya perbedaan margin pemasaran ikan laut segar dan menganalisis faktor-faktor yang mempengahinya serta mengetahui bagian yang diterima oleh nelayan. Tujuan tersebut menggunakan metode deskriptif dan metode penjelasan dengan analisis regresi berganda pada data silang tempat pada tahun 2013. Hasil penelitian menemukan pemasaran ikan laut segar di Kabupaten Takalar melalui 3 saluran pemasaran dengan 2 lembaga pemasaran, yaitu pengumpul dan pengecer. Kemudian Saluran distribusi pemasaran dengan margin pemasaran yang terbesar untuk semua jenis ikan terjadi pada saluran distribusi pemasaran I karena banyak lembaga pemasaran yang mengambil keuntungan. Sedangkan jenis ikan laut yang memiliki margin terbesar, yaitu Kembung, kemudian disusul Layang Tembang. Share nelayan untuk saluran pemasaran I cenderung lebih rendah dibandingkan dengan saluran II dan III, hal ini disebabkan panjangnya lembaga pemasaran yang terlibat, namun masih dikatakan pemasarannya efisien. Selanjutnya terdapat pengaruh yang positif antara jenis Kembung dan Layang dan pengaruh negatif terdapat pada saluran pemasaran I terhadap margin pemasaran ikan laut segar. Sedangkan volume pemasaran dan saluran pemasaran II tidak berpengaruh nyata Kata kunci : distribusi, margin pemasaran, dan share