PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK – KANAK DHARMA WANITA SOROWAKO
Main Author: | RIZKA AMALIA BADARUDDIN |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27165/1/ARTIKEL%20RIZKA%20AMALIA%20B.pdf http://eprints.unm.ac.id/27165/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini ialah rendahnya kemampuan bahasa ekspresif anak. Rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh penggunaan media Mind Mapping terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Mind Mapping terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Hipotesis penelitian ini ialah jika penggunaan media Mind Mapping diterapkan dalam pembelajaran maka kemampuan bahasa ekspresif anak dapat berkembang. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adakah Quasi Eksperimental Design terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen, dengan desainpenelitian yaitu Non Equvalent control Group Design . Variabel penelitian adalah media Mind Mapping (variabel bebas) dan kemampuan bahasa ekspresif (variabel terikat) .Penelitian ini bertempat di Taman Kanak – Kanak DharmaWanita Sorowako dengan subjek 12 orang anak yaitu 6 anak (kelompok control) dan 6 anak (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi, dengan analisis kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak berkembang. Kata Kunci: Media Mind Mapping , Kemampuan Bahasa Ekspresif