PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MIKRO TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH CAMBAYA
Main Author: | NUR RAHMATIKA PUTRI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27141/1/JURNAL%20NUR%20RAHMATIKA%20PUTRI%201749042009.pdf http://eprints.unm.ac.id/27141/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bermain peran mikro terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Cambaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak�Kanak Aisyiyah Cambaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik. Berdasarkan hasil penelitian inidisimpulkan bahwa peningkatan kemandirian anak sebelum di beri metode bermain peran mikro, dan setelah di beri metode bermain peran mikro mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut dibuktikan dari hasil uji sampel tes (Pretest dan Posttest) yaitu diperoleh nilai T hitung > T table dan nilai Z hitung > Z tabel = H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa pembelajaran dengan bermain peran mikro berpengaruh terhadap kemandirian anak. Kata kunci: Bermain Peran Mikro, Kemandirian.