FLUKTUASI HARGA IKAN PELAGIS KECIL SEGAR DI PASAR PRODUSEN DAN KONSUMEN

Main Author: Abd. Rahim, Rahim
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBPSEKP), Indonesia Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network (IMFISERN), dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2714/1/Fluktuasi%20Harga%20Ikan%20Pelagis%20Kecil%20Segar%20pada%20Pasar%20Produsen%20dan%20Konsumen%20%28Rahim%202012%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2714/
Daftar Isi:
  • Adanya Ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran di Sulawesi Selatan mengakibatkan terjadinya fluktuasi harga. Saat musim paceklik produksi hasil tangkapan menurun sehingga harga meningkat sedangkan saat musim penangkapan terjadi peningkatan produksi tangkapan sehingga harga menjadi naik. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap fluktuasi harga ikan pelagis kecil segar baik pasar produsen dan konsumen di Sulawesi Selatan pada Kabupaten Barru, Jeneponto, dan Sinjai. Berdasarkan dimensi waktu digunakan data time-series tahun 1980 sampai dengan 2006 yang bersumber pada data sekunder. Kemudian teknik analisis data adalah metode reduced form dari persamaan simultan permintaan dan penawaran. Hasil penelitan menunjukkan bahwa fluktuasi harga ikan laut segar di tingkat produsen dipengaruhi secara positif oleh harga ikan laut segar di tingkat produsen, trend waktu, harga ikan laut segar waktu lalu di tingkat produsen, dan armada laut, sedangkan secara negatif dipengaruhi oleh pendapatan per kapita, dan volume produksi tangkapan jenis lain di tingkat produsen. Lain halnya pasar konsumen, harga ikan laut segar dipengaruhi secara positif oleh harga ikan laut segar di tingkat konsumen, harga komoditas lain seperti bandeng dan telur ayam di tingkat konsumen, pendapatan perkapita, trend waktu, harga ikan laut segar waktu lalu di tingkat konsumen, dan harga ikan laut segar di tingkat produsen. Kata kunci : fluktuasi harga, pasar produsen dan konsumen