PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN CONGKLAK TERHADAPKEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL BAGI ANAK USIA DINI PADAKELOMPOK B DI PAUD KB GEMILANG
Main Author: | NURHALISA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27130/1/TEMPLATE%20JURNAL%20UNTIRTA%20NURHALISA-dikonversi.pdf http://eprints.unm.ac.id/27130/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang menyentuh ranah sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan sosial emosional anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan permainan congklak pada kelompok B di PAUD KB Gemilang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan permainan congklak terhadap kemampuan sosial emosional anak didik pada kelompok B di PAUD KB Gemilang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di PAUD KB Gemilang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 anak 7 anak sebagai kelompok eksperimen dan 7 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosial emosional anak yang diberi perlakuan sebelum dan sesudah kegiatan bermain congklak, perkembangan sosial emosional anak pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F statistik dengan α = 1.116. Rerata kemampuan sosial emosional pada anak kelompok kontrol < kelompok eksperimen, yaitu 7.29 < 10.86. ini membuktikan kegiatan bermain congklak berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan sosial emosional. Kata Kunci: Permainan congklak, sosial emosional.