PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGANPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA AJAKKANG TIMUR KABUPATEN BARRU
Main Author: | Badri Munawwirah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27094/1/Artikel%20Badri%20Munawwirah.pdf http://eprints.unm.ac.id/27094/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving dengan puzzle terhadap kemampuan kognitf anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Ajakkang Timur Kabupaten Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving dengan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Ajakkang Timur Kabupaten Barru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianQuasiExperiment . Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di TK Dharma Wanita Ajakkang Timur Kab. Barru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 anak 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem solving dengan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak dikelas eksperimen di TK Dharma Wanita Ajakkang Timur Kabupaten Barru. Kata Kunci: Problem solving, puzzle, kemampuan kognitif