PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK KHUSNUL KHOTIMAH POLEWALI MANDAR
Main Author: | FAUZIAH MUIN |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/27072/1/JURNAL%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unm.ac.id/27072/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangananak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan tradisional congklak padaanak kelompok A Taman Kanak-kanak Khusnul Khotimah Polewali Mandar?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangananak melalui permainan tradisional congklak pada anak di Taman Kanak-kanakKhusnul Khotimah Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitianini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Fokus peneletian adalah kemampuan mengenal konsep bilangan dan permainan tradisionalcongklak. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Khusnul KhotimahPolewali Mandar dengan subyek penelitian adalah anak kelompok A Taman Kanak�kanak Khusnul Khotimah yang terdiri dari 13 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki2dan 7 anak perempuan dan 1 guru. Teknik pengumpulan data yang dugunakan adalahobservasi dan dokumentasi dan analisis data yang digunakann adalah kualitatifdeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisionalcongklak dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak diTaman Kanak-kanak Khusnul Khotimah Polewali Mandar dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan”. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuanmengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di Taman kanak-kanak KhusnulKhotimah Polewali Mandar dapat ditingkatkan dengan menggunakan permainan tradisional congklak