Daftar Isi:
  • Te’ne, 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Anak Usia Dini Pada Kelompok B TK Yaspib Lemoa Desa Bonto Lempangan Kecamatan Bonto Lempangan Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Rusmayadi, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini hubungan antara motorik halus dengan mewarnai gambar anak usia dini TK Yaspib Lemoa Desa Bonto Lempangan Kecamatan Bonto Lempangan Kabupaten Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar pada Anak Usia Dini pada kelompok B di TK Yaspib Lemoa Desa Bonto Lempangan kecamatan Bonto Lempangan Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar anak usia dini pada kelompok B TK. Yaspib Lemoa Desa Bonto Lempangan Kecamatan Bonto Lempangan Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus yaitu setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK. Yaspib Lemoa Desa Bonto Lempangan Kecamatan Bonto Lempangan Kabupaten Gowa yang berjumlah 15 yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis Kualitatif. Hasil observasi kemampuan motorik halus sebelum tindakan dengan kriteria belum berkembang, pada siklus I berada pada kriteria mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan, pada siklus II mengalami peningkatan dengan kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan.