PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PARALEL DENGAN MEDIA BAHAN BEKAS TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK DI TK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR

Main Author: Nur Elasari
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/27032/1/JURNAL%20SKRIPSI%20ELA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/27032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui gambaran kemampuan kreativitas anak sebelum dan sesudah diberikan kegiatan bermain paralel dengan media bahan bekas di TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar, untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan bermain paralel dengan media bahan bekas terhadap kemampuan kreativitas anak di TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi�eksperimental design atau eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh anak didik TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar, sampel penelitian ini sebanyak 20 anak yang terdiri dari 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Pembelajaran melalui kegiatan bermain paralel dengan media bahan bekas terhadap kemampuan kreativitas anak berpengaruh positif terhadap kemampuan menyimak anak. Hal ini dapat dilihat dengan membandingkan rata-rata kedua kelompok perlakuan. Untuk kelompok eksperimen rata-rata berada pada kategori berkembang sangat baik sedangkan untuk kelompok kontrol rata-ratanya berada pada kategori belum berkembang sehingga jika dibandingkan rata-rata dua kelompok tersebut kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh positif kegiatan bermain paralel dengan media bahan bekas terhadap kemampuan kreativitas anak di TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Kata Kunci : Bermain Paralel, Media Bahan Bekas, dan Kreativitas