PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO PADA KELOMPOK A DI TK. PUSAT PAUD ANNISA BISSOLORO KECAMATAN BUNGAYA KAB. GOWA
Daftar Isi:
- Suryani, 2018. Peningkatan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro pada Kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dr.Hj.Kartini Marzuki,M,Si dan Syamsuardi,S,Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan perilaku sosial anak melalui Metode Bermain Peran Makro pada kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa ?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran makro pada Kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode bermain peran makro dan perilaku sosial. Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan 2 pertemuan pada tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok A berjumlah 15 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I perilaku sosial anak belum meningkat. Hal ini disebabkan pelaksanaan kegiatan bermain peran makro belum sepenuhnya berjalan dengan baik sehingga perilaku sosial yang diharapkan meningkat melalui kegiatan bermain peran makro belum tercapai. Pada siklus II, perilaku sosial anak meningkat. Guru telah melaksanakan kegiatan bermain peran makro dengan baik. Anak mampu menunjukkan sikap mau berbagi mainan, mau menunggu giliran dalam menggunakan peralatan (mainan), dan mau bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Sebagai kesimpulan, kegiatan bermain peran makro dapat meningkatkan perilaku sosial anak pada kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Karena itu, kegiatan bermain peran makro direkomendasikan untuk dijadikan alternative tindakan dalam meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-kanak.