Daftar Isi:
  • Amalia Amri, 2017. Pengaruh Permainan Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Maccini Tengah Makassar. Skripsi dibimbing oleh Ibu Azizah Amal,S.S,M.Pd., dan Bapak Syamsuardi, S.Pd.,M.Pd. Program Studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh permainan Flash card terhadap kemampuan berhitung permulaan Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Maccini Tengah Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Aisyiyah Maccini Tengah Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen design, pendekatan yang dipilih yaitu pendekatan kuantitatif. Tehnik sampel menggunakan tehnik sampel jenuh dimana jumlah populasi dan sampel adalah sama yakni enam belas anak.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dan uji non parametric menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak sebelum diberi perlakuan dan setelah diberika perlakuan. Sedangkan pada uji non parametrik didapat nilai T hitung> nilai Ttabel maka Ho ditolak dan H1diterima artinya ada pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Aisyiyah Maccini Tengah Makassar.Sedangkan Nilai Z hitung yang diperoleh Zhitung> nilai Ztable maka Ho ditolak dan H1diterima artinya ada pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B di TK Aisyiyah Maccini Tengah Makassar.