PENGARUH PEMBELAJARAN MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B3 DI TAMANKANAK-KANAK PAUD TERPADU TERATAI UNM KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Main Author: SITTI KURNIA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26931/1/01.docx
http://eprints.unm.ac.id/26931/2/02.docx
http://eprints.unm.ac.id/26931/5/03.rtf
http://eprints.unm.ac.id/26931/3/04.docx
http://eprints.unm.ac.id/26931/4/05.docx
http://eprints.unm.ac.id/26931/
Daftar Isi:
  • SITTI KURNIA, 2017. Pengaruh pembelajaran Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Paud Terpadu Teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Azizah Amal,S.S.,M.Pd dan Dra Sri Sofiani, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana gambaran kemampuan motorik halus anak sesudah pembelajaran mozaik dan apakah ada pengaruh pembelajaran mozaik terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B3 Taman Kanak-kanak Paud terpadu teratai UNM Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak sebelum dan sesudah pembelajaran mozaik dan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pembelajaran mozaik terhadap kemampuan motorik halus. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah peserta didik berjumlah 66 peserta didik di kelompok B3 Taman Kanak-kanak Paud Terpadu Teratai Universitas Negeri Makassar dan sampel yang digunakan adalah kelompok B3 yang berjumlah 15 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dolumentasi. Analisa data yang digunakan uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara sebelum pembelajaran mozaik dan setelah pembelajaran mozaik, melakukan pembelajaran mozaik dengan nilai Z ( 3,35) ≥ Zα/2 (0,08) dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh pembelajaran mozaik terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B3 Taman Kanak-kanak Paud Terpadu Taratai Universitas Negeri Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar.