PENGEMBANGAN MEDIA CELEMEK FLANEL BERGAMBAR DALAM BERCERITA UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA TAMAN KANAK-KANAK TERATAI KOTA MAKASSAR

Main Author: MIFTAHUL JANNAH ZAIR
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26905/1/MIFTAHUL%20JANNAH%20ZAIR.pdf
http://eprints.unm.ac.id/26905/
Daftar Isi:
  • Miftahul Jannah Zair 2017, Penggunaan Media Celemek Flanel Bergambar Dalam Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B2 di Taman Kanak-kanak PAUD Teratai UNM, dalam penyusunan skripsi ini oleh Arifin Manggau S.Pd, M.Pd Dan Syamsuardi,S.Pd.M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui bercerita di Paud Teratai UNM ? Peneliti ini bertujuan “untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak anak melalui bercerita .” Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas yang terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 peserta didik tk teratai unm. Fokus penelitian ini yaitu Penggunaan media celemek flanel bergambar dalam bercerita untuk meningkatkan kemapuan menyimak anak pada TK Teratai UNM dan aspek peserta didik yaitu mengamati ktivitas belajar peserta didik dan setelah di terapkan media celemek teknik pengumpulan data yang dilakukan tes dan observasi. teknik analisis data penggunaan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data hasil observasi dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan media celemek maka kemampuan menyiimak anak di kelompok B2 Tk Teratai dapat menigkat, baik dari aktivitas mengajar guru, aktifitas belajar anak,maupun dari hasil tes belajar anak, dimaman pada siklus I kemampuan menyimak anak pada media celemek berada pada ktegori sedang sedangkan siklus II kemampuan menyimak anak pada media cemelek berada pada kategori baik.