PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRIPADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ITTIHAD DESA BONDE KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Daftar Isi:
- Ulfa Pratiwi. H, 2017. Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan mengenal bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Ittihad Desa Bonde Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Dibimbig oleh Dr. Parwoto, M.Pd selaku pembimbing I dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan geometri anak. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih cenderung menggunakan metode konvensional. Adapun pemilihan metode penggunaan media bahan alam agar anak dapat termotivasi dan tertarik untuk belajar dan dapat menstimulasi kemampuan geometri anak. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan geometri anak kelompok B Taman Kanak-kanak Ittihad yang diberikan perlakuan berupa penggunaan media bahan alam, untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan penggunaan media bahan alam terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Ittihad, sedangkan sampel penelitian adalah kelompok B2 11 anak untuk kelompok eksperimen dan kelompok B1 11 anak untuk kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik tes, dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistk deskriptif dan analisis statistiik nonparametrik. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon, seperti yang terdapat pada lampiran, diperoleh t hitung = 66 dengan harga t_(tabel=) 11 dan taraf dk = 11 dan taraf signifikasi 0,05. Sehingga jika dibandingkan harga t_hitung = 66 > harga t_(tabel=) 11. Data ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara dua kelompok yang diuji.