SEKOLAH BERASRAMA DI SULAWESI SELATAN
Main Authors: | Faridah, Faridah, Arismunandar, Arismunandar, Bernard, Bernard |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/26887/1/Artikel%20SEKOLAH%20BERASRAMA%20DI%20SULAWESI%20SELATAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/26887/2/Peer%20Review%20sekolah%20berasrama%20sulawesi%20selatan01292023135945.pdf http://eprints.unm.ac.id/26887/ https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/142-153 |
ctrlnum |
26887 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/26887/</relation><title>SEKOLAH BERASRAMA DI SULAWESI SELATAN</title><creator>Faridah, Faridah</creator><creator>Arismunandar, Arismunandar</creator><creator>Bernard, Bernard</creator><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpisikan pengelolaan sekolah berasrama di Sulawesi Selatan. Fokus penelitian ini adalah pengelolaan pendidikan akademik dan kehidupan keasramaan di sekolah berasrama. Penelitian dilakukan di 4 sekolah berasrama, 2 merupakan sekolah negeri, 1 sekolah swasta, dan 1 pesantren. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD), observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sekolah berasrama dianggap lebih baik dibanding non-berasrama. Sekolah non-berasrama dianggap tidak bisa menghasilkan luaran yang mampu bersaing dengan siswa-siswa lain secara nasional dan global. Seleksi untuk masuk ke sekolah berasrama cukup ketat dan kompetitif, yang terdiri atas seleksi berkas, tes akademik, psikotes, dan wawancara. Ketatnya seleksi ini karena sekolah berasrama menetapkan standar akademik yang lebih tinggi dibandingkan sekolah lainnya. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya di sekolah berasrama masih sangat terbatas. Umumnya masih dalam bentuk dukungan finansial dan sarana prasarana.</description><publisher>Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar</publisher><date>2018</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/26887/1/Artikel%20SEKOLAH%20BERASRAMA%20DI%20SULAWESI%20SELATAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/26887/2/Peer%20Review%20sekolah%20berasrama%20sulawesi%20selatan01292023135945.pdf</identifier><identifier> Faridah, Faridah and Arismunandar, Arismunandar and Bernard, Bernard (2018) SEKOLAH BERASRAMA DI SULAWESI SELATAN. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20 (2). pp. 142-153. ISSN 2580-5223 </identifier><relation>https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/142-153</relation><recordID>26887</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Faridah, Faridah Arismunandar, Arismunandar Bernard, Bernard |
title |
SEKOLAH BERASRAMA DI SULAWESI SELATAN |
publisher |
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar |
publishDate |
2018 |
isbn |
0129202313594 |
topic |
KARYA ILMIAH DOSEN |
url |
http://eprints.unm.ac.id/26887/1/Artikel%20SEKOLAH%20BERASRAMA%20DI%20SULAWESI%20SELATAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/26887/2/Peer%20Review%20sekolah%20berasrama%20sulawesi%20selatan01292023135945.pdf http://eprints.unm.ac.id/26887/ https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/142-153 |
contents |
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpisikan pengelolaan sekolah berasrama di Sulawesi Selatan. Fokus penelitian ini adalah pengelolaan pendidikan akademik dan kehidupan keasramaan di sekolah berasrama. Penelitian dilakukan di 4 sekolah berasrama, 2 merupakan sekolah negeri, 1 sekolah swasta, dan 1 pesantren. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD), observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sekolah berasrama dianggap lebih baik dibanding non-berasrama. Sekolah non-berasrama dianggap tidak bisa menghasilkan luaran yang mampu bersaing dengan siswa-siswa lain secara nasional dan global. Seleksi untuk masuk ke sekolah berasrama cukup ketat dan kompetitif, yang terdiri atas seleksi berkas, tes akademik, psikotes, dan wawancara. Ketatnya seleksi ini karena sekolah berasrama menetapkan standar akademik yang lebih tinggi dibandingkan sekolah lainnya. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya di sekolah berasrama masih sangat terbatas. Umumnya masih dalam bentuk dukungan finansial dan sarana prasarana. |
id |
IOS3399.26887 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:18:11Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:18:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483873090043904 |
score |
17.538404 |