PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM QALBIN SALIM MAKASSAR

Main Author: WATI HASAN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26854/2/sampul%20skripsi.docx
http://eprints.unm.ac.id/26854/1/DAFTAR%20ISI%20-%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/26854/3/SKRIPSI%20-%204.docx
http://eprints.unm.ac.id/26854/
Daftar Isi:
  • WATI HASAN, 2017. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita di TK Islam Qalbin Salim Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah kemampuan bahasa ekspresif anak yang kurang memadai (rendah) oleh karena itu rumusan masalah adalah bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita di TK Islam Qalbin Salim, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita di TK Islam Qalbin Salim Makassar, yang kemudian dijabarkan melalui dua indikator, yaitu: 1) Anak mampu menjawab pertanyaan dengan kalimat sederhana, 2) Anak mampu menceritakan kembali cerita secara sederhana.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian kemampuan bahasa ekspresif dan metode bercerita, setting penelitian di TK Islam Qalbin Salim Makassar dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 12 anak didik.Teknik pengambilan datanya melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak pada pertemuan I siklus I menunjukkan bahwa kemampuan yang berkembang sangat baik masih rendah, namun pada pertemuan II siklus II menunjukkan bahwa kemampuan yang berkembang sangat baik telah meningkat, hal ini berarti metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak TK Islam Qalbin Salim Makassar.