PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI SPN BATUA KEC.PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

Main Author: D A I M A H
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2023
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/26840/1/sampul%20skripsi.doc
http://eprints.unm.ac.id/26840/2/halaman%20judul%20skripsi.doc
http://eprints.unm.ac.id/26840/3/isi%20skripsi.docx
http://eprints.unm.ac.id/26840/
Daftar Isi:
  • Daimah, 2016. Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari SPN Batua Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh ibu Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan bapak Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa reseptif anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Bhayangkari SPN Batua Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode bercerita dengan gambar seri di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari SPN Batua Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode bercerita dengan gambar seri di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari SPN Batua Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah kemampuan berbahasa reseptif anak dengan metode bercerita menggunakan gambar berseri. Subjek penelitian ini adalah Anak di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari SPN Batua Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Anak yang aktif dan terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 15 orang anak, terdiri atas 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan serta jumlah guru 4 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak didik melalui metode bercerita gambar seri di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari SPN Batua Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pada siklus I pembelajaran masih dikategorikan kurang karena guru masih keliru dalam menjalankan langkah-langkah pembelajaran sedangkan pada siklus II pembelajaran dikategorikan baik karena guru sudah menjalankan secara maksimal langkah-langkah pembelajaran.