PENERAPAN TARI SUMAJO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TARI TRADISIONAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 8 LUWU UTARA
Main Author: | PRATAMA SAPUTRA. A, YHUGI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/26818/1/Artikel%20Yhugii%202%20-%20Yhugi%20Pratama.pdf http://eprints.unm.ac.id/26818/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dokumentasi dan tes praktek. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa dapat menerapkan tari Sumajo dengan baik. Dapat kita lihat dari hasil penelialain pengetahuan dan keterampilan yang terdiri dari 3 aspek yaitu: wiraga, wirasa dan wirama. (2) berdasarkan hasil penilaian penelitian maka dari 9 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari, berdasarkan hasil perbandingan penilaian pengetahuan dan keterampilan, menunjukkan pada prasiklus dan siklus I, peningkatan pemahaman siswa dalan menerapkan tari sumajo belum memenuhi standar KKM setelah dilakukan tindakan pada siklus II. Dalam penilaian pengetahuan, kemampuan siswa dalam memahami tari Sumajo meningkat yang dapat dilihat peningkatan sebesar 77,7% dari siklus I. sedangkan penilaian keterampilan sebesar 44,4% dari siklus I. Maka dari itu dapat dijabarkan dari hasil tes penilaian untuk meningkatkan pemahaman tari tradisional dengan penerapan tari Sumajo yang telah dilaksanakan pada siklus II ini, 100% atau sekitar 9 siswa dinyatakan tuntas dan 0% atau 0 siswa dinyatakan tidak tuntas. Kata Kunci : Tari Tradisional, Tari Sumajo, Ekstrakurikuler.